Monday, March 3, 2008

obat hati untuk SAKIT HATI...

assalamu'alaikum


Sakit hati ??? sepertinya hal yang satu ini agak sensitif kalau kita bahas lebih mendalam.
Yup… biasanya sih… sakit hati cenderung dimililki oleh anak-anak muda, tapi jangan salah lohh sakit hati yang ini banyak juga menjangkiti orang muda maupun kaum tua. Ya .. tentunya pengertian sakit hati ini bisa lebih luas lagi dari sekedar “suatu perasaan sedih yang diderita oleh orang yang baru saja kehilangan cintanya” akan tetapi lebih dari itu, Sakit hati tidak hanya di sebabkan oleh cinta yang sering kita ketahui lohh….
Sakit hati dapat disebabkan oleh banyak faktor.. mungkin diantaranya adalah:
Seperti saat kita kecewa akan suatu hal biasanya membuat kita sakit hati
Saat orang lain berbuat kesalahan kepada kita di masa lalu terus sampai saat ini kita belum bisa memaafkan kesalahan itu…., kita sering bilang “Udah terlanjur sakit hati sih,,,”
Sakit hati karena merasa di khianati oleh seseorang yang kita percaya…., kita sering bilang “Gue sakit hati banget sama orang itu tuh…”
Atau mungkin ada sebagian dari kita yang sakit hati kepada orang tua kita…. karena suatu hal yang sulit kita terima????? Ehmm… siapa tuh ?? catet Tuh...
Dan bermacam-macam alasan lainnya yang biasanya menjadi penyebab munculnya penyakit yang mempunyai nama keren SH atau kepanjangan dari “SAKIT HATI”
Sakit hati ??? apakah sama dengan sakit-sakit lain yang biasa mampir di tubuh kita?? tentu sangat berbeda kan?? Sakit hati berbeda dengan sakit Asma, sakit hati berbeda pula dengan sakit flu.. yang biasanya untuk menyembuhkannya kita pergi ke dokter atau membeli obat di apotek.
Terus apakah SH mirip dengan sakit jiwa??? Eemmm…. Kalau yang ini sich kayaknya agak mirip, tapi tentunya bukan sakit jiwa yang sampai hilang ingatan lohhh…
Sakit hati??? Biasanya sih akan semakin terasa saat kita susah menerima suatu kenyataan, biasanya luka ini akan semakin menganga lebar saat kita susah memaafkan kesalahan orang lain kepada kita dan biasanya sakit ini akan terus ada saat kita belum menemukan obatnya.
Eeemm… Ya iya lahhhh… sakit itu akan sembuh jika sudah ketemu obatnya kan?? Bukannya kita sering mendengar kata-kata optimtistik atau slogan bijak jika “semua penyakit itu pasti ada obatnya” !!!
Terus… apa obatnya ??? Dimana kita bisa mendapatkan obatnya ??? Mahal ndak ya obat sakit hati itu??
Tentunya sampai saat ini belum ada profesi khusus yang menangani masalah hati kan?? Karena kayaknya ndak ada tuh “dr.s.h” alias dokter sakit hati , Yah paling banter sih… Psikolog yang biasanya membantu kita menyembuhkan penyakit ini. Thanks buat yang punya profesi Psikolog dech ……
Terus… bagaimana kita mendapatkan obatnya?? Sebenarnya… kalau kita mau itu ada kok obat sakit hati yang paling ampuh.. dan pastinya ndak mahal untuk mendapatkannya.
Memang benar sih….. jika hanya teori itu mudah untuk dikatakan, bagaimana kalau sakit hati kita itu telah mengkristal sehingga membekukan kata maaf kita?? sakit hati kita itu telah menutup kata untuk memaafkan.
Yah… mungkin setelah banyak hal yang kita lalui, secara tidak sadar kita telah membawa ‘rasa ketidak-terimaan kita terhadap suatu hal’ itu hingga hari ini…. Hingga akhirnya “Sakit hati deh…..” karena,
Kita hanya tahu bahwa kita itu telah di sakiti…
Kita hanya ingat, jika harusnya itu tidak seperti ini……..
Kita tidak terima, karena bukan seperti itu yang kita inginkan….
Kita terus berteriak, jika itu tidak adil buat kita........
Dan masih banyak lagi teriakan-teriakan kekesalan kita akan segala hal yang kita anggap tidak adil untuk kita....
Sampai kapan kita akan bawa ketidak-terimaan itu??
Sampai kapan kita akan berteriak keras atas sesuatu hal yang kita anggap tidak adil??
Sampai kapan kita akan menyimpan kristal kebencian di hati kita??
Sampai kapan…. ??? dan Sampai kapan……kita mengharap kesembuhan dari Allah… akan tetapi kita sendiri tidak mau melalui dan memahami semua proes penyembuhan itu.

Kita pasti sangat yakin jika kesembuhan itu pasti akan datang dari Allah. Dan kita tahu itu…. hingga setiap saat kita mengharap kesembuhan itu datang seperti mukjizat dari Allah.
Kita juga sering mendengar ajaran/pesan tentang bagaimana mengobati sakit yang ada. Dalam istilah jawa mungkin kita tidak asing dengan istilah “TOMBO ATI”… yang mungkin kita dengar lewat sebuah lagu itu tuhh….., yang katanya ada 5 perkara yang bisa kita jadikan alat ‘tombo ati’ … Pastinya anda semua sudah tahu kan??
Yah… itu, sebenarnya kita tahu… dan selalu diingatkan kemana dan dimana kita mencari suatu kesembuhan, akan tetapi seringkali kita tidak mau tahu bagaimana melalui dan menelaah suatu proses penyembuhan itu sendiri. Kita tidak lupa untuk menangkap sinyal-sinyal kesembuhan itu.
Suatu kesalahan bukan berarti tidak mungkin termaafkan, jika kita mau dan ikhlas untuk memaafkan. Sepertinya kita tidak perlu mengingat kesengsaraan yang di timbulkan oleh kesalahan itu. Akan tetapi ingatlah apa-apa yang kita peroleh dari mengahapi masa-masa sulit itu.
Kebesaran hati untuk memaafkan kesalahan orang yang kita anggap telah menyakiti kita... tentunya diperlukan untuk menyempurnakan keberhasilan kita dalam menghadapi masa-masa sulit di masa lalu.
Pastinya tidak akan ada kerugian atau yang berkurang dari kita kan….??? Jika niat memaafkan kita munculkan di hati kita ?? Cukup NIAT saja kok .... dan biarkan niat itu berjalan sendiri menuju tujuan mulianya, biarkan niat itu menguat sendiri, biarkan niat itu menjadi udara segar yang melapangkan ruang sempit di hati kita.
Jika kita mau sedikit melihat kondisi kita hari ini........
Tentunya kita tidak akan sekuat ini, jika kita tidak mampu masa-masa sulit yang ada….
Bukannnya kita akan lebih kuat dari yang lain… setelah kita mampu melalui masa-masa sulit ini?????
Coba…deh, lihat diri kita sekarang !!! banyak pelajaran yang sudah kita dapat dari masa-masa sulit itu kan??
Dan tentunya jika kita mau hitung… pasti dan seharusnya lebih banyak “Teriakan akan syukur nikmat” atas apa yang ada sampai saat ini daripada “teriakan kekesalan dan ketidak-terimaan kita” kan??
Mungkin itulah yang dinamakan proses penyembuhan yang selalu kita harapkan datang dari-Nya.
Tombo ati itu sebenarnya sudah kita dapatkan….
Tombo ati… yang selalu kita cari selama ini, obat hati yang diselipkan melalui masalah-masalah yang kita hadapi…
Obat hati…. yang sekiranya dapat melelehkan kristal kebencian di hati kita....
Sekarang tinggal bagaimana Obat hati yang ada itu dapat sedikit meringankan niat memaafkan dari hati dan lidah kita....
Insya Allah....
wassalam....


sibudiKECIL

from heriKECIL

No comments: