Friday, May 30, 2008

“Butterfly…….”


Anda salah satu penyayang kupu-kupu ??
Eehmm… saya yakin, kebanyakan dari kita pasti suka dengan makhluk ciptaan Allah SWT yang satu ini….
Mungkin saking eksotisnya makhluk yang bernama kupu-kupu ini, maka tidak jarang ungkapan-ungkapan bijak terinspirasi keluar dari makhluk ini…, ada yang mengajak belajar dari proses metamorphosis kupu-kupu lah…., ada yang mengungkapkan keindahan seperti kupu-kupu lah… dan masih banyak lagi inspirasi-inspirasi yang muncul dari kupu-kupu.

Tapi… jika pertanyaannya adalah, Anda menyukai ulat bulu ???
He…he..…he…. sepertinya kalo yang satu ini bisa di tebak jawabannya, pasti kebanyakan dari kita pasti ndak suka dengan makhluk yang bernama ulat bulu. Ada yang bilang jijik lah… geli laahh… bikin gatal lahh… pokoknya ngeri lah sama makhluk yang satu itu.

Kita menyukai kupu-kupu karena dia cantik, dia anggun, dia indah dan menarik….
Kita tidak menyukai ulat bulu karena dia menjijikkan, dia kurang bermanfaat, dia menakutkan dan masih banyak alasan yang membuat kita enggan menerima keberadaan ulat bulu di dekat kita…
Pertanyaannya adalah, saat kita mengagumi makhluk yang bernama kupu-kupu…. Adakah rasa kagum itu muncul saat kupu-kupu belum menjadi seperti apa yang kita lihat sekarang??
Adakah kita mau mengamati dan mengagumi seekor ulat bulu sebelum menjadi kupu-kupu ??
Heemmm ….sepertinya kita akan cenderung menjauh darinya, Karena kita beralasan kalau ulat bulu dapat membahayakan diri kita saja. Memang benar adanya, ulat bulu itu agak sedikit berbahaya bagi kita dan yang paling mungkin adalah kita dapat dibuat gatal-gatal olehnya, itu jika kita menyentuh atau mengganggunya tentunya.
Berbeda dengan kupu-kupu yang selalu kita dekati, dia bisa terbang tinggi…., dia bisa menari-nari di atas dahan yang tinggi…, dia bisa mengepakkan sayapnya yang berwarna-warni, hingga manusia yang melihatnya pasti akan mengagumi….. Maka ulat bulu karena bulu-bulunya dia di jauhi dan ditakuti……..dan karena bulu-bulunya pula dia dapat bertahan hidup, untuk melindungi dirinya dari makhluk 2 lain yang akan mengganggunya , demi untuk terus hidup dan menggantungkan angannya untuk dapat berubah menjadi kupu-kupu yang cantik, kupu-kupu yang anggun, kupu-kupu yang tidak di jauhi tetapi di kagumi esok hari.

Lalu… apa yang dapat kita lihat dari itu?? Sepertinya kita akan lebih mengenali kupu-kupu di bandingkan dengan ulat bulu. Kita akan lebih menyukai dan mengagumi kupu-kupu yang cantik dibanding dengan harus mengagumi ulat bulu…. Dan sepertinya kita tidak akan pernah mengenal ulat bulu jika dia tidak mampu berubah menjadi kupu-kupu, karena yang kita mau adalah se ekor kupu-kupu yang cantik dan menarik….
Mungkin itu adalah alasan kenapa kita lebih dekat dengan kupu-kupu di bandingkan dengan ulat bulu…, alasan kenapa Kita lebih mengenal kupu-kupu dibandingkan dengan ulat bulu…, alasan kenapa kita lebih menerima keberadaan kupu-kupu di bandingkan ulat bulu…. Walau kita sadar, tidak semua ulat bulu dapat ber metamorphosis menjadi kupu-kupu yang indah dengan sempurna tentunya……

Karena kesempurnaan adalah proses…., bagaimana dengan keterbatasan yang ada dia bisa tetap bertahan.., bisa bersabar…., bisa beradaptasi dalam menerima keadaan…., bisa belajar menempatkan harapan….dan keyakinan………, untuk menjadi kupu-kupu yang cantik tentunya..

Apakah semua ulat bulu di dunia ini bisa bertahan hidup, hingga ia dapat mewujudkan angannya untuk menjadi kupu-kupu cantik yang memberikan warna-warni di muka bumi….??
Insya Allah….

Butterfly……
Fly away so high….
As high as hopes I pray…..
To come and reach for you…
Rescuing your soul…
The previous messed up touching me and you……..
(Melly.G)

No comments: